Diskominsa Abdya Serahkan Internet Gratis Dari Bakti

PPID Aceh Barat Daya | Selasa, 28 November 2023 | PEMERINTAHAN 

Blangpidie_ Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominsa) mendapatkan bantuan akses internet gratis dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatikan Republik Indonesia (BAKTI Kominfo RI). Bantuan tersebut tersebar dalam sejumlah wilayah dalam kabupaten setempat yang diketahui belum terjangkau oleh jaringan internet.

 

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominsa), Ubairizal ST kepada wartawan, Selasa (28/11/2023) mengatakan, bantuan akses internet gratis tersebut merupakan bantuan dari BAKTI Kominfo RI sebanyak 18 titik yang tersebar dalam wilayah Kabupaten Abdya. Titik lokasi yang mendapat bantuan akses internet gratis ini merupakan wilayah yang belum terjangkau oleh jaringan internet.

 

“Untuk alat-alatnya telah tiba di Dinas Kominsa Abdya dan telah disalurkan yang selanjutnya dilakukan proses pemasangan oleh teknisi khusus,” ujarnya didampingi Sekretaris Dinas Kominsa, Mawardi SH dan Kabid Komunikasi dan Informasi, Muamar Asmady SE MSi.

 

Dikatakan, program ini juga merupakan komitmen dari Pemkab Abdya dalam menjangkau wilayah-wilayah yang susah mendapatkan akses internet. Bahkan dalam waktu dekat, pihak BAKTI Kominfo RI akan hadir kembali ke Abdya guna melakukan survei lokasi untuk penyaluran dan pemasangan alat akses internet gratis tahap kedua.

 

“Ada sebanyak 26 titik yang kami usulkan untuk pemasangan akses internet gratis tahap dua dalam wilayah Abdya. Realisasinya juga dalam tahun ini, sehingga menjadikan seluruh pelosok Abdya bisa terjangkau oleh jaringan internet. Alat yang dipasang ini bisa menjangkau radius 300 meter dari lokasi. Jadi meski dalam kawasan perkebunan, warga tetap bisa melakukan akses internet,” paparnya.

 

Dia berharap bantuan fasilitas layanan akses internet gratis ini nantinya dapat bermanfaat bagi seluruh kalangan masyarakat agar dapat mendukung kemajuan daerah dan masyarakat dapat lebih mudah dalam mendapatkan informasi serta layanan lainnya.

 

“Dengan adanya bantuan akses internet gratis ini, masyarakat Abdya yang berdomisili jauh dari pusat kota dan tidak terjangkau oleh internet bisa mendapatkan kemudahan dalam memperoleh informasi serta bisa menggunakan berbagai layanan melalui akses internet. Apalagi saat ini banyak layanan yang berhubungan langsung dengan masyarakat menggunakan internet, seperti pendidikan, kesehatan, kependudukan, ragam transaksi serta banyak lagi,” paparnya.